SOFT SKILL
LEADERSHIP & SUPERVISORY SKILL FOR MANAGER / SUPERVISOR
2 Days Practical Workshop
DESKRIPSI
Organisasi saat ini menghadapi tantangan yang sangat besar. Organisasi hebat diciptakan oleh para pemimpin hebat, yaitu orang yang dapat memberikan kontribusi tim terbaik dan terbesar yang sejalan dengan prioritas perusahaan yang paling kritis. Perubahan lingkungan dan teknologi yang cepat, pelanggan yang punyai berbagai pilihan serta tuntutan untuk terus meningkatkan daya saing serta produktivitas.
Sementara di internal juga menghadapi perosalan seperti kerjasama antar bagian atau departemen yang tidak harmonis, anak buah yg belum seluruhnya kompeten dan komitmen, iklim kerja yang tidak kondusif, motivasi team yang rendah, dan sebagainya. Kenyataan ini membuat tidaklah cukup mengeleola tim hanya dengan cara yang seperti biasa. Diperlukan seorang manager / kepala yang sekaligus mempunyai kemampuan effektif leadership, . Management berkaitan denggan pengelolaan, memastikan sistim berjalan dengan perintah dan konistensi, sementara leadership adalah tentang kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk melakukan perubahan / improvement / perbaikan sehingga organisasi sentiasa dapat efektif menghadapi perubahan dan produktif.
Workshop ini akan menfasilitasi Anda bagaimana memimpin sekaligus mengelola orang dan memberikan keterampilan dasar penting untuk beralih dari seorang manajer menjadi leader efektif dan dihormati yang bisa mencapai kesuksesan tim dan kinerja yang optimal, dengan berkomunikasi secara efektif, terbuka dan saling percaya.
- Jangan terjebak dalam dikotomi leader vs Manager / Supervisor
- leaders harus bisa memanage, dan manager / supervisor harus punya leadership
- Karena leadership adalah 3 factor yang selalu saling terkait : Leader, Followers, dan Situation (tidak cuma tentang leader saja)
- Being a leader adalah me-lead people & me-manage process
- Good people create good process and Create Clear Communication
Melalui program ini peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mengkonsultasikan tantangan-tantangan yang dihadapinya dalam tugas kepemimpinannya sehari-hari. Kasus-kasus yang diangkat merupakan peristiwa sebenarnya sehingga relevan dengan kenyataan dilapangan.
Mind to Muscle Effective Leader adalah program pengembangan kepemimpinan yang kami desain untuk organisasi anda yang ingin pembelajaran tidak hanya sampai label kognitif namun sampai dengan psikomotorik. Diharapkan dengan program ini pembelajaran yang diinginkan menjadi menjadi kompetensi yang permanen hingga karyawan mengaplikasikannya di tempat kerja. Jenis permainan disesuaikan dengan kondisi dan variasi, dengan penekanan kepada sisi refleksinya
Pelatihan ini ditujukan untuk para supervisor dengan pembekalan 3 pilar utama agar mampu menjalankan eksekusi yang prima meliputi:
- Proses SDM (interpersonal skill, understanding staff personality, assertive communication, motivating, trust building and comitmment)
- Proses Strategi (Planning, Delegating, Coordinating, Controlling, problem solving, decision making)
- Proses Operasional (disciplining the right way, effective leadership at work, team building, motivation)
TUJUAN :
- Peserta memahami tugas, peran dan fungsi manager
- Peserta menjadi seorang supervisor dengan sikap unggul, di mulai dari dalam diri dan berdampak pada orang lain.
- Peserta mampu memimpin, mengarahkan, meningkatkan, memotivasi bawahan
- Peserta membangun tim kerja yang efektif.
- Peserta mampu menerjemahkan target kedalam action plan, program, system dan prosedur dari manager
- Peserta mampu melakukan maniotring dan contraling yang efektif
- Menciptakan lingkungan kerja yang dinamis dan bersinergi serta komunikasi yang baik
MANFAAT :
- Memahami konsep dan implementasi behavior & attitude change yang benar
- Para supervisor dapat melakukan interaksi yang lebih baik, bersama-sama mencari solusi dalam setiap masalah, baik kepada team, atasan atau bawahan.
- Membangun ketrampilan manajemen praktis
- Mengerti arti pentingnya komunikasi yang membangun
- Menyadarkan individu akan perilaku sendiri dan pengaruhnya terhadap diri sendiri, team, dan perusahaan.
MATERI :
- Tantangan organisasi saat ini: perubahan, kompetisi, nilai tambah, daya saing dan produktivas
- Organisasi, Manajemenship (membuat sistim, perintah dan pengendalian) dan Leadership (menghadapi tantangan untuk melakukan perbaikan dan pembenahan)
- Kerangka dasar kepemimpinan (Leadership framework): Leader, Follower dan Situasi
- Leadership = Pengaruh: kiat dan taktik menikatkan pengaruh (orang, bukan jabatan adalah sumber daya terpenting anda)
- Kunci Mempengaruhi dengan Menggunakan 6 Sumber
- Formal Power dan Personal Power serta Taktik-taktik Mempengaruhi
- Kepemimpinan situasional: Memimpin berdasarkan tingkat kematangan anak buah / mitra kerja serta sistuasi.
- Values, dan Transpoaransi dalam kepemimpinan
- Pentingnya kepercayaan dalam kepemimpinan
- Faktor penghancur kepercayaan
- Upaya peningkatan kepercayaan dan transparansi
- Berkomunikasi secara efektif (Effective communication with subordinates): Makna, Emosi dan Kepercayaan
- Komunikasi dan moment krusial dalam komunikasi
- Kondisi dalam komunikasi krusial
- Mengapa dan bagaima merespon dalam 3 kondisi krusial
- Perilaku Supervisor / Manager yang Efektif
- Membuat penugasan
- Memberikan arahan & Komunikasi efektif
- Melakukan follow up
- Umpan balik efektif (kinerja vs perilaku)
- Memberikan bantuan dan dukungan (memimpin sesuai dengan tingkat kematangan anak buah / mitra kerja dan situasi)
- Menyelesaikan masalah dan peningkatan proses kerja
- Pelaporan
METODE:
Metode yang digunakan dalam training ini adalah
- Interactive classroom
Mengenalkan kepada peserta pengertian Leadership, tahapan dan proses menjadi Leader yang efektif dan faktor yang mempengaruhinya.
- Games and simulation
Pembelajaran diberikan melalui permainan dan simulasi sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan dapat memunculkan perilaku asli dari individu.
- Review and Debriefing
Setelah games dan simulasi peserta akan diminta untuk melakukan review dan debriefing. Apa jyang dapat mereka pelajari dari perilaku mereka dalam permainan. Perilaku mana yang tepat dilakukan dan perilaku leadership mana yang tidak tepat dilakukan dalam pekerjaan
- Application on the workplace
Setelah selesai kegiatan, peserta akan diminta untuk membuat proyek pribadi komitmen pembelajaran apa saja yang akan mereka aplikasikan dalam lingkup pekerjaan mereka. Sehingga pembelajaran lebih kongkrit untuk mereka aplikasikan di lingkup pekerjaan
PESERTA
Level Leader / Supervisor / Assistan manager / Manager
PROBLEM SOLVING & DECISION MAKING
(Two Days Practical Workshop)
MENGAMBIL KEPUTUSAN ADALAH TINDAKAN PENTING BAGI PERUSAHAAN DAN BAGI ANDA SENDIRI
Fakta menunjukkan bahwa kelancaran operasional suatu perusahaan sangat ditentukan oleh kemampuan para eksekutifnya dalam menangani masalah dan mengambil keputusan.
Keberhasilan memikul tanggung jawab seorang eksekutif sering diukur melalui kemampuannya dalam menangani masalah secara cepat dan efektif. Citra seorang eksekutif akan meningkat jika keputusan yang diambil bermutu.
KEPUTUSAN EFEKTIF TIDAK BERARTI HANYA MEMECAHKAN MASALAH DENGAN CEPAT TAPI TEPAT
Seringkali kita terjebak oleh situasi yang sulit, dan harus mengambil keputusan penting. Kita perlu mempertimbangkan peluang‐peluang yang ada serta sekaligus menganalisis kemungkinan ancaman yang akan timbul di masa yang akan datang, sehingga keputusan yang dihasilkan mampu mengatasi masalah yang sekarang tanpa menimbulkan masalah potensial di masa yang akan datang.
Kemampuan dan kesiapan dalam mengantisipasi keadaan sangat diperlukan oleh setiap pengambil keputusan. Pelatihan ini dirancang khusus agar peserta dapat menguasai tahapan proses menangani masalah dan mengambil keputusan secara rasional dan kreatif.
Latihan‐latihan mulai dari menganalisis masalah‐masalah yang ringan sampai dengan masalah‐masalah yang kompleks akan dibahas dalam pelatihan ini. Metode yang akan dipergunakan antara lain: kuliah singkat, aplikasi konsep, kasus dan diskusi kelompok.
SASARAN
Setelah lokakarya ini, peserta diharapkan mampu:
- Memahami pentingnya kreativitas dalam menemukan solusi atas berbagai bentuk masalah
- Mengetahui mengapa individu tidak kreatif
- Mengetahui berbagai teknik dalam menghasilkan berbagai gagasan
- Mengetahui tingkat kreativitas diri sendiri
- Mengetahui upaya manajemen apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kreativitas dalam organisasi.
- Memahami teknik‐teknik pemecahan masalah secara rasional
- Memahami teknik pemecahan masalah secara kreatif
- Memahami teknik pengambilan keputusan optimal, rasional dan kreatif
- Memahami metode menganalisis masalah potensial
- Meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan pengambilan keputusan
- Meningkatkan keterampilan dalam mempresentasikan keputusan secara efektif
- Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pengambilan keputusan.
PESERTA
- Para pengambil keputusan
- Eksekutif madya
- Para manajer
- Supervisor yang akan dipromosikan.
POKOK BAHASAN
- Proses dan fungsi manajemen
- Analisis Situasi dan persoalan
- Analisis pengambilan keputusan
- Analisis masalah potensial
- Pemecahan masalah secara kreatif dengan menggunakan 8 langkah secara rasional
- Teknik-teknik dan tools pengambilan keputusan efektif
- Implementasi keputusan
METODE:
Materi disampaikan dengan presentasi dan penjelasan, praktek latihan, lembar kerja, tanya-jawab, membahas kasus, praktek, game interaktif, dan multi media.
Durasi : 2 hari
JADWAL PELATIHAN
untuk jadwal pelatihan yang akan dimulai bisa di lihat list dibawah