ISO 22000

Standar ISO 22000 merupakan standar yang menunjukkan komitmen perusahaan dalam mengendalikan keamanan pangan dalam rangka memastikan pangan yang dihasilkannya aman pada saat dikonsumsi. Standar Internasional ini mengintegrasikan prinsip-prinsip Sistem Analisa Bahaya dan Pengendalian Titik Kritis (HACCP) dan langkah-langkah penerapan yang dikembangkan oleh Codex Alementarius Commission (CAC). Standar ini juga dapat dengan mudah diselaraskan dengan ISO 9001 untuk meningkatkan kesesuaian diantara kedua standar tersebut.

Standar ini dapat diterapkan pada semua organisasi dalam rantai pangan, tanpa memperhatikan ukuran, mulai dari produsen pakan, produsen primer sampai dengan pengolah pangan, operator transportasi dan penyimpanan, subkontraktor hingga outlet pengecer dan jasa boga (bersama-sama dengan organisasi yang terkait seperti produsen peralatan, bahan pengemas, bahan pembersih, bahan tambahan pangan dan ingredien).

Beberapa keuntungan penerapan ISO 22000, diantaranya :

  • Secara potensial dapat mengidentifikasikan semua kemungkinan bahaya pangan dan membantu untuk meminimalisir bahaya tersebut.
  • Menjamin keamanan produk yang dihasilkan.
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan.